Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngorok saat Tidur dengan Efektif

Mendengkur atau ngorok merupakan kebiasaan tidur yang tidak hanya bisa mengganggu kenyamanan orang lain tapi juga sebenarnya merugikan diri sendiri. Selain itu, mendengkur juga merupakan tanda adanya gangguan tidur sleep apnea yang dapat memicu penyakit kardiovaskular dan stroke. 

Karena itulah, kebiasaan mengorok saat tidur ada baiknya segera dihentikan. Berikut tips menghilangkan kebiasaan ngorok saat tidur dengan efektif.

 

Ubah Posisi Tidur

Jika kamu sering mendengkur, kemungkinan besar kamu tidur dengan posisi telentang. Saat tidur telentang lidah cenderung tertarik ke belakang dan mendekati kerongkongan. Hal ini akan mempersempit jalan udara dan menghalangi sebagian aliran udara yang masuk. Hasilnya, muncullah suara ngorok saat tidur. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba tidur dengan posisi miring.

 

Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih atau obesitas merupakan salah satu penyebab paling sering seseorang tidur mendengkur. Mereka dengan berat badan berlebih punya lemak berlebih di leher, tepatnya pada tenggorokan. Lemak berlebih tersebut bisa mengakibatkan leher seakan-akan tertekan dari berbagai sisi, sehingga jalan pernapasan menjadi semakin sempit dan menimbulkan suara saat tidur. Itulah mengapa menjaga berat badan ideal bisa menjadi salah satu cara efektif menghilangkan ngorok.

Rutin Olahraga

Rutin berolahraga bisa meningkatkan kualitas tidur dan menjaga berat badan ideal. Di mana hal tersebut merupakan faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mendengkur selama tidur. Selain itu, gerakan-gerakan pada olahraga juga bisa membantu membentuk otot di tubuh dan mengurangi lemak.

Dengan begitu tubuh menjadi lebih proporsional, tidak ada lemak berlebih diarea leher sehingga, aliran udara bisa masuk dengan lancar dan dengkuran saat tidur akan berkurang. Jadi, secara tidak langsung rutin berolahraga adalah salah satu cara menghilangkan ngorok yang bisa kamu coba.

 

Terapi CPAP

Jika cara-cara di atas sudah kamu coba tapi kamu tetap saja mendengkur, ada satu cara paling efektif untuk menghilangkan kebiasaan ngorok, yaitu dengan melakukan terapi CPAP. Terapi ini dilakukan dengan memberikan tekanan udara melalui masker saat kamu tidur. 

Dengan CPAP tekanan udara akan masuk dan menopang jaringan lunak yang jatuh sehingga t saluran pernapasan tetap terbuka selama tidur. Terapi CPAP efektif mengatasi sleep apnea dan menghilangkan suara mendengkur. Penggunaan alat ini dapat memaksimalkan kualitas tidur.Alat terapi CPAP terbaik bisa kamu dapatkan di Resindo Medika yang merupakan distributor dan service center resmi ResMed di Indonesia. Selain alat terapi CPAP, Resindo Medika juga menyediakan masker dan aksesoris lengkap serta dukungan servis dan kalibrasi yang sangat handal.

× How can I help you?