Ini Keluhan yang Sering Dialami Pengidap Sleep Apnea

Gangguan tidur yang ditandai dengan masalah pernapasan ketika tidur disebut dengan sleep apnea. Mereka yang mengidap sleep apnea biasanya akan  mengalami beberapa kali jeda napas panjang ketika tidur. Gangguan pernapasan ini akan menyebabkan kualitas tidur yang lebih rendah dan berpengaruh pada suplai oksigen tubuh, yang bisa berisiko memicu gangguan kesehatan yang lebih serius. 

Pada banyak kasus, mereka yang mengidap sleep apnea tidak menyadari dirinya sudah terkena sleep apnea. Gejala dan tanda sleep apnea seringkali justru disadari oleh orang yang tidur di dekat atau sekamar dengan penderita.

Beberapa gejala umum  yang tampak saat penderita sleep apnea sedang tidur adalah:

  1. Mengorok dengan keras
  2. Tersengal-sengal berusaha mengambil napas atau sesak napas saat sedang tidur
  3. Berhenti bernapas selama beberapa kali ketika sedang tidur
  4. Sulit tidur atau insomnia
  5. Terbangun dari tidur akibat merasa tercekik atau batuk-batuk di malam hari

Selain gejala yang muncul ketika tidur, penderita sleep apnea juga umumnya akan merasakan keluhan setelah bangun dari tidur, seperti:

  1. Sakit kepala ketika baru bangun tidur
  2. Terbangun dengan mulut yang terasa kering
  3. Mengalami perubahan mood dan mudah marah
  4. Merasa sangat mengantuk di siang hari
  5. Sulit berkonsentrasi, belajar, atau mengingat sesuatu
  6. Mengalami penurunan libido

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengobati sleep apnea?

Berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah yang tepat untuk segera mendapatkan penanganan sleep apnea. Dokter biasanya akan menganjurkan untuk melakukan Sleep Diagnostic Test terlebih dahulu dan jika memang dibutuhkan akan menganjurkan juga pemakaian alat terapi CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) untuk mengatasi mendengkur dan sleep apnea. 

Jika kamu dianjurkan untuk melakukan Sleep Diagnostic Test atau memerlukan informasi lebih lanjut seputar alat terapi CPAP untuk mengatasi mendengkur, kamu dapat menghubungi Resindo Medika.

Resindo Medika merupakan distributor resmi ResMed dan Somnomedics di Indonesia. Resindo Medika melayani Sleep Diagnostic Test dengan akurasi tinggi. Kamu bisa melakukan tes tidur dirumah sakit atau dirumah sendiri dengan mudah, aman, dan nyaman.

× How can I help you?