Pilihan Pengobatan Terbaik untuk Mengatasi Sleep Apnea

Gangguan apnea tidur atau dikenal juga dengan sleep apnea merupakan gangguan yang menyebabkan pernapasan berhenti sementara saat tidur. Pernapasan yang berhenti tersebut bisa terjadi berulang kali secara terus menerus sepanjang malam. Hal ini kemudian mengakibatkan pasokan oksigen ke otak menjadi berkurang dan tubuh tidak dapat masuk ke fase deep sleep, sehingga istirahat tidak maksimal. 

Kondisi ini harus segera ditangani karena jika tidak, bukan hanya menimbulkan masalah kurang tidur seperti mengantuk dan masih lelah, sleep apnea juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan fisik, meningkatkan risiko penyakit berbahaya hingga gangguan kesehatan mental, seperti depresi. Lalu, bagaimana cara mengobati sleep apnea? 

Jika sleep apnea yang diidap terbilang ringan bisa diatasi dengan perubahan pola hidup sehat, seperti:

  1. Mengontrol berat badan dan menjalankan pola makan yang sehat.
  2. Membuat jadwal tidur yang baik.
  3. Mengganti posisi tidur yang lebih baik. Jika sebelumnya kamu sering tidur telentang, mulailah biasakan tidur dengan posisi menyamping. 
  4. Jika kamu merokok dan sering minum alkohol, segera hentikan dua kebiasaan buruk tersebut.
  5. Rutin berolahraga.

Namun, jika sleep apnea tergolong parah, biasanya penderita perlu menjalankan perawatan di rumah atau  tindakan medis, seperti:

  1. Terapi CPAP. Terapi CPAP (continuous positive airway pressure) adalah terapi yang bekerja dengan mengalirkan udara bertekanan menuju saluran pernapasan, agar saluran napas tetap terbuka saat tidur. Terapi ini dilakukan dengan alat berupa mesin CPAP dan masker yang perlu digunakan saat tidur.
  2. Tindakan Bedah. Pembedahan bisa dilakukan untuk mengangkat jaringan lunak yang menghalangi saluran pernapasan. Dari kedua cara pengobatan sleep apnea berat tersebut, terapi CPAP merupakan standart cara pengobatan terbaik karena penderita sleep apnea tidak perlu melakukan tindakan bedah maupun mengonsumi obat-obatan sehingga baik anak-anak hingga lansia dapat menggunakan terapi CPAP tanpa khawatir.

Untuk prosedur terapi CPAP, dokter biasanya akan meresepkan alat yang disebut CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) alat ini berfungsi menghasilkan udara bertekanan untuk terapi. Alat terapi CPAP terbaik bisa kamu dapatkan di Resindo Medika yang merupakan distributor dan service center resmi ResMed di Indonesia. Selain alat terapi CPAP, Resindo Medika juga menyediakan masker dan aksesoris lengkap serta dukungan servis dan kalibrasi yang sangat handal. One stop solution for all your therapy needs!

× How can I help you?