Gak Bingung Lagi, Ini Daftar Istilah Terapi CPAP Terlengkap!

Terapi CPAP adalah metode pengobatan yang mengalirkan tekanan udara ke saluran pernapasan untuk mengatasi sleep apnea. Dengan menggunakan terapi CPAP, gejala-gejala sleep apnea seperti mendengkur kencang dapat dihilangkan, kualitas tidur meningkat, dan rasa letih, sakit kepala, serta kantuk berlebihan di siang hari juga dapat berkurang.

Meskipun terapi CPAP merupakan cara pengobatan yang paling efektif untuk sleep apnea, namun istilah-istilah yang terkait dengan terapi CPAP seringkali masih membingungkan bagi beberapa orang. Tidak perlu khawatir! Kini kamu dapat menemukan arti dari istilah-istilah terapi CPAP dengan lengkap pada daftar berikut ini!

Daftar Istilah Terapi CPAP

Continuous Positive Airway Pressure (CPAP)

CPAP adalah terapi sleep apnea yang menggunakan satu tekanan konstan yang besarnya tetap sepanjang malam. Seiring waktu, istilah CPAP juga digunakan secara luas sebagai istilah untuk merujuk pada terapi sleep apnea secara umum.

Auto-adjusting Positive Airway Pressure (APAP)

APAP atau sering juga disebut Auto-CPAP adalah terapi sleep apnea yang menggunakan satu tekanan udara namun dapat naik turun secara otomatis sesuai kondisi pernapasan pengguna. ResMed AirSense 10 Autoset, adalah mesin APAP terbaik tahun 2023 menurut Very Well Health.

Bilevel Positive Airway Pressure (BPAP)

BPAP adalah terapi sleep apnea yang menggunakan dua tekanan udara berbeda, satu saat menarik napas dan satu saat membuang napas. BPAP umumnya digunakan untuk sleep apnea berat atau pasien dengan penyakit pernapasan.

Ventilator

Ventilator adalah alat bantu pernapasan yang berfungsi untuk menggantikan fungsi pernapasan pada pasien yang kesulitan bernapas dengan mengalirkan tekanan udara terkontrol ke saluran pernapasan untuk memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

Non-Invasive Ventilation (NIV)

Non-Invasive Ventilation (NIV) adalah metode untuk membantu pernapasan pasien tanpa operasi atau memasukan alat bantu ke dalam tubuh. NIV menggunakan masker khusus untuk mengalirkan tekanan udara ke paru-paru melalui hidung atau mulut, contohnya terapi CPAP.

Pressure

Istilah Pressure dalam terapi CPAP mengacu pada tekanan udara yang dihasilkan oleh mesin CPAP dan diatur sesuai kebutuhan pasien. Pressure dihasilkan dari udara dalam ruangan yang dihisap oleh mesin dan diberikan tekanan, sehingga tekanan udara mesin CPAP bukanlah oksigen murni. Tekanan udara ini akan membantu menjaga saluran pernapasan terbuka dan mencegah terjadinya sleep apnea.

 

Mask Leak atau Mouth Leak

Mask leak atau mouth leak adalah istilah dalam terapi CPAP yang merujuk pada kebocoran udara yang keluar melalui celah antara masker CPAP dan wajah pengguna akibat pemasangan masker yang kurang pas. Mask leak dapat mengganggu efektivitas terapi dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Humidifier

Humidifier atau dikenal juga dengan humidifikasi adalah fitur dalam terapi CPAP yang berfungsi untuk menambahkan kelembaban pada tekanan udara agar tenggorokan tidak kering dan tetap nyaman selama terapi CPAP.

Chamber

Chamber atau sering juga disebut water tub, adalah istilah terapi CPAP untuk menyebut tempat menampung air yang akan diuapkan untuk mengaktifkan fitur Humidfier. HumidAir Cleanable adalah salah satu chamber ResMed yang dapat digunakan untuk AirSense 10 Autoset hingga Lumis 150 VPAP ST.

Tubing

Tubing, juga dikenal sebagai selang CPAP, merupakan komponen dalam terapi CPAP yang berfungsi menghubungkan mesin CPAP dengan masker. Fungsinya adalah mengalirkan tekanan udara yang dihasilkan oleh mesin CPAP menuju saluran pernapasan pasien.

Rainout

Rainout adalah istilah terapi CPAP yang merujuk pada kondisi ketika muncul banyak tetesan air dalam tubing. Rainout terjadi ketika udara yang hangat dari humidifier bertemu dengan tubing yang dingin dan mengalami kondensasi. Rainout dapat menyebabkan suara berisik dan cipratan air saat menghirup napas yang menyebabkan perasaan tidak nyaman.

Bloating

Bloating dalam istilah terapi CPAP adalah rasa kembung yang umum terjadi saat awal pemakaian terapi CPAP. Bloating terjadi saat pengguna belum terbiasa dengan terapi CPAP sehingga tekanan udara yang seharusnya masuk ke saluran pernapasan justru tertelan dan masuk ke dalam perut. Bloating dapat diatasi dengan menyesuaikan posisi tidur dan melatih diri untuk segera beradaptasi dengan terapi CPAP.

Ramp Time

Ramp time adalah fitur mesin CPAP dimana tekanan udara diatur untuk mulai dari tekanan rendah dan naik secara perlahan-lahan hingga tekanan yang ditentukan. Ramp time dapat membantu pengguna CPAP merasa lebih nyaman karena dorongan tekanan yang rendah terasa lebih lembut dan tidak menusuk hidung.

 

Flow Limitation

Flow limitation terjadi ketika saluran pernapasan mengalami penyempitan karena otot saluran napas menjadi rileks saat tidur. Saat flow limitation, aliran udara masih dapat masuk namun sangat terbatas dan dapat menyebabkan kekurangan oksigen. Flow limitation dapat disebut juga sebagai hypopnea.

Humidity Level

Humidity level adalah pengaturan tingkat kelembaban udara pada humidifier yang bertujuan untuk menjaga kenyamanan pasien. Humidity level disesuaikan dengan kondisi pasien secara pribadi untuk menemukan tingkat kelembapan yang paling pas.

Distiled Water

Dislited water adalah air yang telah melewati proses penyulingan, proses ini dilakukan untuk menghasilkan air murni yang bebas dari kontamin berbahaya, mineral, dan partikel-partikel yang dapat menyebabkan endapan.

Dislited water digunakan secara luas dalam terapi CPAP untuk menghindari masalah penumpukan kerak pada chamber atau water tub.

Sleep Hygiene

Sleep hygiene adalah serangkaian usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Sleep hygiene termasuk menjaga rutinitas tidur yang teratur, menghindari konsumsi kafein berlebih dan olahraga secara rutin. Sleep hygiene juga dapat meningkatkan efektivitas terapi CPAP.

Compliance

Compliance adalah istilah untuk menyebut tingkat kepatuhan pasien dalam menggunakan alat terapi CPAP secara teratur dan sesuai instruksi. Tingkat compliance yang baik berarti pasien menggunakan CPAP minimal 6 jam setiap malam dan menjaga konsistensi dalam penggunaan terapi untuk memberikan manfaat maksimal.

Penutup

Sejatinya istilah-istilah dalam terapi CPAP tidaklah terlalu sulit untuk dipahami karena sebagian besar lebih didominasi oleh bahasa inggris. Selain itu kamu juga bisa bertanya pada petugas yang menjelaskan mengenai alat terapi CPAP apabila ada istilah-istilah terapi CPAP lain yang tidak kamu mengerti.

Resindo Medika adalah distributor dan service center resmi ResMed sejak tahun 2004. Resindo Medika menyediakan layanan patient monitoring therapy dimana kamu akan didampingi dalam pemakaian terapi CPAP untuk memastikan kamu mendapatkan hasil yang optimal.

Nah, itu dia daftar penjelasan istilah-istilah terapi CPAP dengan lengkap dan jelas. Semoga membantu ya!

× How can I help you?