Hati-Hati! Ini Daftar Makanan yang Bisa Buat Kamu Sulit Tidur

Kafein yang terkandung di minuman kopi atau minuman berenergi memang salah satu penyebab seseorang mengalami sulit tidur. Tapi ingat, tidak hanya kafein karena makanan yang kita dikonsumsi sehari-hari juga bisa menyebabkan sulit tidur. Penasaran apa saja makanan tersebut? Berikut adalah daftar makanan yang bisa buat kamu sulit tidur.

  1. Makanan pedas.
    Mengonsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur akan membuat tubuh tetap terjaga. Hal ini karena makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan memperburuk gejala mulas dan refluks asam. Dilansir dari healthline.com, saat tubuh berbaring untuk tidur, gejala gangguan pencernaan tersebut bisa menjadi lebih buruk, karena asam dapat berjalan ke kerongkongan hingga menyebabkan iritasi.
  2. Daging merah
    Daging merah termasuk salah satu jenis makanan yang sulit dicerna tubuh. Makanan yang sulit dicerna ini akan membuat tubuh tetap bekerja, bahkan saat tidur. Dilansir dari medicalnewstoday.com, makanan yang sulit dicerna akan membuat tubuh tetap bekerja, bahkan saat tidur. Karena itulah, makanan ini sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi pada malam hari.
  3. Makanan berlemak
    Makanan berlemak tinggi seperti gorengan atau makanan lain yang mengandung lemak tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi di malam hari karena juga bisa menyebabkan kamu sulit tidur. Dilansir dari webmd.com, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak dapat mengalami siklus gangguan tidur. Hal ini bisa terjadi karena makanan berlemak cenderung mengaktifkan pencernaan, sehingga membuat seseorang akan terjaga di malam hari karena merasa tidak nyaman.
  4. Makanan olahan
    Makanan olahan umumnya mengandung banyak tambahan komponen, seperti gula tambahan dan lemak. Hal ini sudah pasti berdampak negatif pada kualitas tidur seseorang. Dilansir medicalnewstoday.com, konsumsi makanan olahan tidak cuma memperburuk kualitas tidur orang dewasa, tapi juga dapat memperpendek durasi tidur pada anak usia 12-18 tahun.
  5. Makanan cepat saji
    Konsumsi jenis makanan ini bisa memicu kualitas tidur yang buruk dan durasi tidur yang pendek. Dilansir dari healthline.com, sebuah studi pada tahun 2018, mengungkapkan bahwa remaja yang biasa mengonsumsi makanan cepat saji dan mi instan cenderung memiliki masalah tidur.Itulah daftar makanan yang sebaiknya kamu hindari mengonsumsinya di malam hari karena bisa buat kamu sulit tidur. Selain menghindari makanan yang membuat sulit tidur, ada baiknya jika kamu melakukan sleep test bila melihat adanya tanda gangguan tidur khususnya gejala-gejala sleep apnea, seperti sering mendengkur saat tidur.

 

Mendengkur tidak bisa disepelekan karena mendengkur bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan, sleep apnea. Mereka yang sering mendengkur diketahui juga mengidap obstructive sleep apnea atau OSA. Penderita OSA bisa mengalami henti napas selama 10 sampai 20 detik ketika tidur karena jalan napas tertutup. Kondisi inilah yang mengakibatkan adanya gangguan kesehatan karena kadar oksigen dalam tubuh tidak tercukupi.

Berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah yang tepat untuk segera mendapatkan penanganan OSA. Dokter biasanya akan menganjurkan untuk melakukan Sleep Diagnostic Test terlebih dahulu dan jika memang dibutuhkan akan menganjurkan juga pemakaian alat terapi CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) untuk mengatasi mendengkur dan sleep apnea.

Jika kamu dianjurkan untuk melakukan Sleep Diagnostic Test atau memerlukan informasi lebih lanjut seputar alat terapi CPAP untuk mengatasi mendengkur, kamu dapat menghubungi Resindo Medika.

Resindo Medika merupakan distributor resmi ResMed dan Somnomedics di Indonesia. Resindo Medika melayani Sleep Diagnostic Test dengan akurasi tinggi. Kamu bisa melakukan tes tidur dirumah sakit atau dirumah sendiri dengan mudah, aman, dan nyaman.

× How can I help you?