Sering Sulit Tidur? Ini 9 Cara Cepat Tidur yang Aman dan Efektif

Tidur memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan salah satu manfaat tidur berkualitas adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, tubuh yang cukup tidur juga bisa membantu organ tubuh kembali berfungsi dengan baik. Lalu, bagaimana jika kamu saat ini mengalami sulit tidur? Berikut adalah 9 cara cepat tidur yang aman dan efektif. 

 

Matikan Lampu

Untuk membantu kamu cepat tertidur, cobalah mematikan lampu kamar. Kondisi ruangan yang gelap bisa membantu meningkatkan produksi melatonin, yakni hormon penting untuk tidur. Walaupun demikian, ada juga beberapa orang yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Jika kamu tidak bisa tidur dalam kondisi gelap, kamu bisa mengganti lampu dengan cahaya yang lebih redup.

 

Turunkan Suhu Kamar Tidur

Suhu udara kamar yang terlalu panas bisa membuat kamu kesulitan untuk tertidur. Umumnya, kita akan merasa nyaman tertidur dalam suhu udara sekitar 15-23 derajat Celcius. Jika memang tidak ada AC, kamu bisa menyiasatinya dengan mandi sebelum tidur untuk menurunkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang dingin setelah mandi juga bisa membantu mengirim sinyal ke otak untuk bisa tertidur.

 

Lakukan Yoga atau Meditasi

Yoga dan meditasi bisa membantu menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks. Tidak hanya itu, keduanya juga terbukti membantu meningkatkan kualitas tidur. Pola pernapasan dan gerakan tubuh dalam yoga bisa membantu melepaskan rasa penat dan tegang pada tubuh. Sementara meditasi bisa membantu meningkatkan kadar melatonin. Karena itulah, jika memungkinkan kamu bisa melakukan meditasi sebelum tidur untuk membantu mendapatkan ketenangan dan kualitas tidur yang lebih baik.

 

Dengarkan Musik Relaksasi

Cara cepat tidur yang aman dan efektif selanjutnya, kamu juga bisa mendengarkan musik yang memberikan ketenangan dan bisa membantu untuk tertidur lebih cepat. Kamu bisa mencoba beberapa musik instrumental yang akan menangkan hati dan pikiran sehingga kamu bisa lebih cepat tidur.

 

Matikan Semua Perangkat Elektronik

Cara mengatasi susah tidur berikutnya yang bisa kamu coba adalah mematikan semua perangkat elektronik, khususnya ponsel jelang waktu tidur. Kamu bisa menggunakan mode bedtime di ponsel yang secara otomatis mematikan semua notifikasi yang masuk ke ponsel kamu. 

 

Olahraga

Kegiatan fisik sering dianggap bermanfaat untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Hal ini benar adanya karena olahraga memang mampu meningkatkan durasi dan kualitas tidur dengan meningkatkan produksi serotonin di otak dan menurunkan kadar kortisol atau hormon stres. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berlari, bersepeda, atau berenang secara rutin di pagi hari untuk bisa tidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari.

 

Membaca Buku

Membaca buku juga disarankan supaya kamu bisa cepat mengantuk dan tidur. Tapi ingat, disarankan untuk membaca buku fisik dan bukan buku digital seperti e-book. Kenapa? Karena buku digital atau e-book memancarkan cahaya biru yang justru bisa mengurangi sekresi melatonin yang justru menyebabkan sulit tertidur.

 

Memasang Aromaterapi

Aromaterapi bisa membantu memberikan perasaan yang tenang dan nyaman. Beberapa penelitian bahkan menemukan aromaterapi mampu meningkatkan kualitas tidur. Kamu bisa mencoba memakai berbagai macam pilihan aromaterapi yang disukai untuk digunakan sebelum tidur. Mawar dan lavender adalah aroma yang paling efektif untuk membuat kita lebih cepat tidur.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia. Jika cara-cara di atas belum berhasil, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika gejala yang muncul mengindikasikan adanya gangguan tidur yang lebih parah seperti sleep apnea. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter THT untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Jika dokter spesialis menemukan bahwa insomnia yang kamu alami berkaitan dengan sleep apnea, dokter mungkin akan menyarankan kamu untuk melakukan sleep diagnostic test. Kamu bisa segera menghubungi Resindo Medika apabila membutuhkan jasa sleep test Jakarta dan sekitarnya. 

Resindo Medika adalah distributor resmi ResMed dan Somnomedics di Indonesia. Resindo Medika melayani Sleep Diagnostic Test dengan akurasi tinggi menggunakan alat diagnostic berstandar Internasional. Kamu bisa melakukan test tidur di rumah sakit atau di rumah sendiri dengan mudah, aman, dan nyaman.

× How can I help you?