Terapi CPAP Terbaik di Indonesia

Temukan solusi mendengkur dan sleep apnea dengan alat terapi CPAP terbaik, layanan sleep diagnostic test profesional, serta servis kalibrasi yang andal dan terjamin hanya di Resindo Medika. One stop solution untuk semua kebutuhan terapi CPAP Anda.

Resindo Medika adalah distributor dan service center resmi ResMed dan SomnoMedics di Indonesia

Layanan Resindo Medika

Apa itu terapi CPAP?

Terapi CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) adalah terapi untuk mengatasi sleep apnea. Terapi CPAP merupakan terapi non-invasif (tanpa pembedahan) yang paling efektif dan paling banyak dilakukan untuk mengatasi gangguan pernapasan pada saat tidur. Terapi CPAP dilakukan di rumah, tidak memerlukan obat-obatan khusus, serta aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Cara kerja terapi CPAP adalah dengan memberikan dorongan tekanan udara pada saluran pernapasan. Tekanan udara dihasilkan dari mesin CPAP dan dialirkan melalui masker yang digunakan pada saat tidur. Tekanan udara akan menahan jaringan lunak agar tidak jatuh menutupi tenggorokan, dengan begitu saluran napas tetap terbuka, pernapasan lancar dan kebutuhan oksigen terpenuhi.

Terapi CPAP dilakukan dengan menggunakan rangkaian alat terapi yang terdiri dari mesin, selang, dan masker selama tidur. Jenis alat terapi CPAP yang dipakai serta besar tekanan udara yang diberikan dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi serta tingkat keparahan sleep apnea yang diderita. Pasien dapat berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum memulai terapi CPAP.

Apa manfaat terapi CPAP?

Manfaat terapi CPAP utamanya adalah untuk mengatasi gangguan pernapasan pada saat tidur yang menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Namun tidak hanya dari segi pernapasan, secara keseluruhan terapi CPAP juga memberikan berbagai manfaat berikut:

Tidur Lebih Berkualitas

Terapi CPAP dapat mengatasi gangguan sleep apnea secara efektif sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Menghilangkan Suara Dengkuran

Penyempitan saluran napas adalah penyebab munculnya suara dengkuran. Terapi CPAP dapat menghilangkan suara dengkuran karena mencegah terjadinya penyempitan dan menjaga saluran napas tetap terbuka.

Menurunkan Risiko Penyakit Berbahaya

Tidur yang lebih berkualitas tanpa gangguan sleep apnea memungkinkan tubuh mencapai fase tidur deep sleep dan memaksimalkan proses recovery tubuh. Sehingga, risiko penyakit berbahaya yang disebabkan oleh terganggunya kualitas tidur seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan stroke dapat diminimalisir.

Meningkatkan Konsentrasi

Terapi CPAP bermanfaat mengembalikan tidur nyenyak dan berkualitas, sehingga tubuh terasa lebih segar saat bangun, tidak mudah mengantuk disiang hari dan dapat berkonsentrasi dengan baik.

Menjaga Kesehatan Mental

Penderita sleep apnea mengalami gejala kurang tidur yang membuat mereka cenderung sensitif dan mudah tersinggung. Dengan terapi CPAP yang efektif, tidur cukup dan berkualitas membantu menstabilkan emosi sehingga kesehatan mental menjadi lebih baik.

Tips Saat Menjalani Terapi CPAP

Terapi CPAP bertujuan untuk menjaga pernapasan tetap lancar selama tidur, karena itu rangkaian terapi CPAP harus terus digunakan sepanjang malam. Namun, dorongan tekanan udara mungkin memberikan kesan tidak nyaman bagi pemula dan membuat mereka kesulitan untuk terus menggunakan terapi CPAP dengan konsisten.

Tips menjalani terapi CPAP berikut ini dapat dilakukan untuk membantu beradaptasi dengan terapi CPAP.

Latihan Menggunakan Terapi CPAP

Berlatih menggunakan terapi CPAP dapat membantu pemula lebih cepat terbiasa dengan dorongan tekanan udara. Gunakan terapi CPAP saat sedang bersantai seperti saat menonton TV, membaca buku, atau tidur siang. Lama-kelamaan tubuh akan mulai terbiasa dan tidak kaget lagi saat menggunakan terapi CPAP untuk waktu yang lebih panjang di malam hari.

Terapkan Sleep Hygine

Mulai terapkan sleep hygine, usahakan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari dan tidak tidur siang lebih dari 20 menit. Dengan begitu, tubuh akan mengenali waktu tidur dan merasa ngantuk di jam yang tepat. Rasa lelah dan kantuk menolong tubuh untuk lebih mudah tertidur saat menggunakan terapi CPAP.

Manfaatkan Fitur-Fitur Mesin CPAP

Pemula mungkin akan mengeluhkan tenggorokan kering maupun dorongan tekanan udara yang terasa terlalu kuat. Masalah ini dapat diatasi dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada mesin CPAP, seperti humidifier untuk melembapkan tekanan udara, dan auto-ramp yang memberikan tekanan lembut sebelum pengguna tertidur. Dengan begitu, pemula bisa lebih mudah beradaptasi karena terapi CPAP terasa lebih nyaman.

Jaga Kebersihan Alat Terapi CPAP

Tips menjalani terapi CPAP selanjutnya adalah menjaga kebersihan alat terapi CPAP. Bersihkan dan ganti aksesoris terapi secara rutin agar terapi tetap nyaman dan maksimal. Terapi yang nyaman memungkinkan pengguna bertahan lebih lama menggunakan alat terapi, dan dengan begitu menjadi lebih cepat terbiasa.

Mendengkur dan Cara Mengatasinya

Mendengkur atau ngorok adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan suara kasar dan berisik pada saat tidur. Mendengkur dapat dialami oleh siapa saja tanpa batasan jenis kelamin dan usia. Pria dan wanita, anak-anak, orang dewasa, maupun lansia dapat mendengkur ketika tidur.

Suara dengkuran yang kencang juga dapat mengganggu orang lain bahkan membangunkan mereka ditengah malam. Meski begitu, orang yang mendengkur tidak menyadari bahwa mereka mendengkur karena sedang berada dalam posisi tidur.

Mendengkur seringkali dianggap sebagai tanda kelelahan serta dipandang wajar dan lumrah oleh masyarakat. Padahal sebenarnya ini adalah hal yang keliru, mendengkur bukanlah tanda kelelahan atau tidur nyenyak, mendengkur merupakan tanda adanya gangguan pada pernapasan yang perlu diwaspadai.

Mendengkur disebabkan penyempitan saluran pernapasan yang menghalangi masuknya udara sehingga muncul suara derit kasar yang disebut ngorok. Lama kelamaan saluran napas yang menyempit dapat menutup sepenuhnya hingga udara tidak dapat masuk sama sekali dan terjadi sleep apnea.

Sleep apnea dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen, kualitas tidur tidak maksimal, tubuh masih terasa lelah, hingga kantuk berlebih disiang hari. Dalam jangka panjang, kondisi tubuh yang terus menerus kesulitan bernapas dan mendengkur saat tidur dapat memicu penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

Mendengkur merupakan gejala sleep apnea yang perlu diwaspadai. Mengatasi dengkuran dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

Mengubah Posisi Tidur
Posisi tidur telentang membuat lidah dan jaringan lunak mudah jatuh kebelakang dan menyebabkan suara mendengkur. Atasi dengkuran dengan mengubah posisi tidur dari telentang menjadi menyamping. Posisi tidur miring dapat mencegah penyempitan saluran napas yang menyebabkan mendengkur.

Menurunkan Berat Badan
Mengurangi berat badan adalah salah satu cara mengatasi dengkuran. Cobalah mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur untuk menurunkan persentase lemak tubuh yang dapat mempersempit saluran pernapasan dan menyebabkan mendengkur.

Menggunakan Terapi CPAP
Terapi CPAP adalah cara paling efektif untuk mengatasi mendengkur dan sleep apnea. Terapi CPAP akan memberikan dorongan tekanan udara untuk mengangkat jaringan lunak yang menyumbat dan menjaga saluran napas tetap terbuka sepanjang malam. Jadi, penyebab mendengkur dijamin hilang dan tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Prosedur terapi CPAP tidak memerlukan tindakan operasi atau pengunaan obat-obatan. Cara melakukan terapi CPAP juga tergolong mudah karena pasien cukup menggunakan masker yang terhubung ke mesin CPAP pada saat tidur. Pilihlah alat terapi CPAP berkualitas dengan fitur-fitur lengkap untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Secara teknis mendengkur disebabkan karena terjadinya penyempitan saluran pernapasan. Akan tetapi ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan mendengkur, antara lain:

Usia
Usia adalah faktor utama yang menyebabkan dengkuran, semakin lanjut usia seseorang maka semakin menurun pula fungsi-fungsi tubuh. Otot-otot saluran napas menjadi lebih mudah mengendur dan menutupi saluran napas, inilah penyebab mengapa orang tua terlihat lebih sering tidur mendengkur dibanding anak-anak.

Berat Badan
Berat badan berlebih dapat menyebabkan tidur mendengkur. Tumpukan lemak pada area leher dan dagu dapat menekan tenggorokan dan membuat saluran pernapasan menyempit hingga muncul suara mendengkur.

Jenis Kelamin
Laki-laki memiliki struktur saluran napas yang lebih sempit dibanding perempuan. Hal ini menyebabkan laki-laki lebih mudah mendengkur dibanding perempuan. Meski begitu, perempuan juga tetap memiliki risiko mendengkur dan sleep apnea.

Gaya Hidup
Rokok dan alkohol dapat menyebabkan tidur mendengkur. Rokok mengandung nikotin yang dapat memicu pembengkakan jaringan lunak pada tenggorokan, selain itu zat sedatif alkohol juga dapat melemaskan otot-otot saluran pernpasan. Orang yang sering merokok dan minum alkohol cenderung lebih mudah mendengkur saat tidur dan mengalami sleep apnea.

Saat tidur otot-otot tubuh menjadi rileks termasuk otot tenggorokan. Apabila otot-otot ini terlalu rileks jaringan lunak pada bagian atas tenggorokan seperti lidah dan amandel dapat mengendur dan turun mempersempit saluran pernapasan. Akibatnya, udara sulit masuk dan muncul suara kasar yang disebut dengkuran.

Semakin kencang suara dengkuran menandakan semakin sempit saluran napas yang terjadi. Bahkan, pada kondisi parah saluran napas dapat tertutup sepenuhnya hingga udara tidak dapat masuk sama sekali dan napas berhenti.

Apabila henti napas terjadi, otak akan merespons dengan memberi instruksi pada tubuh untuk bangun, namun hanya sebatas sampai dapat bernapas lagi. Biasanya tubuh akan terbatuk atau tersedak tiba-tiba saat tidur agar saluran napas kembali terbuka dan udara dapat masuk dengan lancar.

Namun, ketika tubuh kembali tertidur, otot-otot akan mulai mengendur lagi, penyempitan saluran napas kembali terjadi, dan henti napas terulang. Hal inilah yang disebut dengan sleep apnea, satu kali henti napas dapat berlangsung selama ±10 detik dan terus terulang berkali-kali sepanjang malam.

Artikel Terbaru

Resindo Medika adalah distributor dan service center resmi ResMed dan SomnoMedics di Indonesia sejak tahun 2004. Sebagai pemimpin pasar dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik yang berfokus pada terapi sleep apnea, ventilator, layanan pemeriksaan tidur, serta servis dan kalibrasi yang berkualitas.

Resindo Medika juga didukung oleh RPSGT profesional dan sleep technician berpengalaman dalam menghadirkan layanan terapi yang lengkap dan berkelanjutan. Mulai dari pemeriksaan tidur, observasi pasien, evaluasi hasil terapi, penggantian aksesoris alat, hingga servis dan kalibrasi rutin, semua tersedia di Resindo Medika. Nikmati kenyamanan one stop solution dari penyedia terapi CPAP terbaik di Indonesia.

Resindo Medika berkomitmen menghadirkan pengalaman terapi yang positif, memuaskan dan menjawab kebutuhan dalam perawatan masalah penyakit pernapasan dan layanan terapi CPAP di Indonesia.

Menjadi pemimpin yang memberikan layanan profesional dan komprehensif dalam bidang sleep apnea dan masalah penyakit pernapasan di Indonesia

Memberikan solusi yang lengkap dan menyeluruh untuk membantu pasien dengan masalah gangguan pernapasan mendapatkan terapi yang efektif, demi mendukung kondisi pernapasan yang lebih baik serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Edukasi Masyarakat
Resindo Medika berdedikasi memberikan edukasi seputar gangguan tidur dan masalah pernapasan secara berkelanjutan demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan tidur dan pernapasan.

Menghadirkan Produk dan Teknologi yang Inovatif
Resindo Medika senantiasa terus berupaya menghadirkan produk-produk inovatif dengan teknologi terdepan untuk meningkatkan pengalaman terapi yang nyaman dan memberikan hasil maksimal.

Memberikan Pelayanan Profesional
Resindo Medika terus mengembangkan layanan profesional yang efisien untuk menjawab kebutuhan pasien dengan tepat sasaran.

Pemantauan Hasil Terapi
Resindo Medika terus memastikan bahwa seluruh terapi memenuhi persyaratan klinis serta berjalan dengan lancar dan optimal.

Hubungi Kami

    PT RESINDO MEDIKA

    Graha BIP Lt. 5
    Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 23
    Karet Semanggi, Setiabudi
    Jakarta Selatan – 12930

    No. Telp : +6221 525 8230 / 31

    WAKTU LAYANAN

    Senin – Jumat
    Pukul 10.00 – 17.00 WIB

    Hotline WhatsApp (Chat Only)

    +62-858-8000-8259

    × How can I help you?